relation: http://eprints.uny.ac.id/50087/ title: PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS V SD NEGERI CEPIT PENDOWOHARJO BANTUL creator: Iswarawati, Erthienda Mahardika subject: Bahasa dan Sastra Indonesia subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode sosiodrama siswa kelas V SD Negeri Cepit dan 2) untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode sosiodrama siswa kelas V SD Negeri Cepit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cepit dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Cepit Pendowoharjo Bantul yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 7 siswa laki -laki dan 15 siswa perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dengan model spiral. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rerata. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VB SD Negeri Keputran I Yogyakarta. Peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 3,35, dari kondisi awal 65,86 meningkat menjadi 69,21. Pada siklus II meningkat sebesar 10,2 dari kondisi awal 65,86 meningkat menjadi 76,06. Kata kunci: Metode sosiodrama, keterampilan berbicara, SD date: 2017-06-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/50087/1/Erthienda%20Mahardika%20Iswarawati.pdf identifier: Iswarawati, Erthienda Mahardika (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS V SD NEGERI CEPIT PENDOWOHARJO BANTUL. S1 thesis, PGSD.