?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F50040%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0ASMA+NEGERI+2+YOGYAKARTA&rft.creator=KHOMSUN+SUBARKAH%2C+KHOMSUN+SUBARKAH&rft.subject=LPPMP&rft.description=Kegiatan+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+program+tahunan%0D%0Ayang+dilaksanakan+oleh+pihak+Universitas+Negeri+Yogyakarta%2C+dengan+tujuan%0D%0Amengaplikasikan+3+Fungsi+perguruan+tinggi+yaitu+salah+satunya+pendidikan.+Melalui%0D%0Akegiatan+ini+mahasiswa+calon+pendidik+diaharapkan+dapat+menerapkan+bidang+ilmu%0D%0Ayang+didapat+untuk+mengajar+di+sekolah.+Praktikan+melaksanakan+PPL+Semester%0D%0AKhusus+tahun+2016+di+SMA+Negeri+2+Yogyakarta+terhitung+sejak+15+Juli+2016+sampai%0D%0Adengan+15+September+2016.+Rangkaian+kegiatan+PPL+mencakup+kegiatan+persiapan%0D%0A(pengajaran+mikro%2C+pembekalan%2C+dan+observasi)%2C+pelaksanaan+(praktik+mengajar%0D%0Adanpraktik+non+mengajar)%2C+dan+evaluasi+PPL+berupa+laporan+praktik+PPL.%0D%0APersiapan+mengajar+dilakukan+dengan+membuat+matriks+mengajar%2C+membuat%0D%0ARencana+Pelaksanaan+Pembelajaran+(RPP)%2C+menyusun+materi+ajar%2C+dan+membuat%0D%0Amedia+pembelajaran.+Pelaksanaan+mengajar+dilakukan+di+kelas+dan+luar+kelas+dengan%0D%0Aberbagai+metode+yang+telah+direncanakan+dalam+RPP.+Evaluasi+mengajar+dengan%0D%0Amenilai+hasil+belajar%2C+menganalisis+butir+soal%2C+dan+merefleksikan+diri+dalam+mengajar.%0D%0APraktik+mengajar+dilakukan+di+kelas+XIIIS%2C+XI+PMIIA+4%2C+dan+XI+PMIIA+5.%0D%0ASedangkan+praktik+tidak+mengajar+terdiri+dari+upacara+rutin%2C+ikut+serta+kegiatan%0D%0Asekolah%2C+piket+tata+usaha%2C+piket+perpustakaan%2C+piket+tamu%2C+dan+pendampingan%0D%0Aekstrakulikuler+Karya+Ilmiah+Remaja+serta+Olimpiade+Geografi.%0D%0AKegiatan+PPL+secara+keseluruhan+dapat+terlaksana+dengan+baik+dan+telah%0D%0Amemenuhi+target+minimal+yang+dibebankan+yaitu+256+jam.+Berbagai+persoalan+seperti%0D%0Ahambatan+yang+dihadapi+merupakan+hambatan+normal+yang+bisa+diatasi+dengan+baik%0D%0Aseperti%3A+kekurangan+tenaga+kerja+saat+piket+guru%2C+sulit+mengkondisikan+siswa+saat%0D%0Apertama+kali+masuk%2C+dan+kurangnya+manajemen+waktu+saat+pembelajaran.+Solusi+atas%0D%0Ahambatan+tersebut+dengan+meminta+bantuan+kepada+mahasiswa+lain+yang+tidak+piket%2C%0D%0Amengembalikan+wibawa+di+depan+murid+dengan+bertindak+sedikit+tegas%2C+dan%0D%0Amengalokasikan+waktu+dengan+baik+sebelum+pembelajaran+dimulai.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2016&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F50040%2F1%2FKHOMSUN%2520SUBARKAH_Pendidikan%2520Geografi_13405241048.pdf&rft.identifier=++KHOMSUN+SUBARKAH%2C+KHOMSUN+SUBARKAH++(2016)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+SMA+NEGERI+2+YOGYAKARTA.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++