%0 Report %9 Project Report %A Fitarahmawati, Fitarahmawati %D 2016 %F UNY:50037 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Kata Kunci : Biologi, Pembelajaran, PPL %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) %U http://eprints.uny.ac.id/50037/ %X Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) mewajibkan seluruh mahasiswa menempuh mata kuliah wajib sesuai kurikulum yang dicanangkan. Salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa kependidikan adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Mata Kuliah ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang bagaimana proses pembelajaran yang sesungguhnya dan kegiatan di sekolah lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi pendidik. Mahasiswa PPL diharapkan memiliki kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wujud Pengabdian Diri Universitas kepada Masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini dilakukan di SMA N 2 Yogyakarta yang terletak di Kota Yogyakarta mulai tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016 pada hari Senin-Jumat. Kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan pembelajaran kelas yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah mahasiswa melakukan konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Adapun pelaksanaan PPL ini dilakukan di 3 (tiga) kelas, yaitu X MIIA 4, X MIIA 6, dan X MIIA 7 SMA N 2 Yogyakarta. Masing-masing kelas terlaksana kegiatan pembelajaran selama 15 jam pelajaran, 19 jam pelajaran, dan 18 jam pelajaran selain 2 jam praktikum di laboratorium untuk setiap kelas. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih lima minggu di SMA N 2 Yogyakarta ini dirasa sangat membantu mahasiswa dalam mengetahui kondisi pembelajaran di sekolah secara umum. Hasil tersebut berupa kegiatan pembelajaran Biologi siswa SMA dari penerapan ilmu pengetahuan dan kegiatan praktikum yang diperoleh di bangku perkuliahan. Selain itu mahasiswa dapat belajar menyusun strategi pembelajaran agar hambatan yang muncul selama pembelajaran terselesaikan. Dalam 2 bulan pelaksanaan PPL ini terdapat beberapa hambatan, antara lain kurangnya kompetensi mahasiswa dalam mengelola kelas, tetapi secara umum masalah tersebut dapat diatasi dengan baik. Hambatan lain terutama pelaksanaan PPL yang bersamaan dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menyebabkan mahasiswa tidak dapat melaksanakan program PPL dengan maksimal.