TY - THES TI - ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA N 1 DEPOK DALAM PENERAPAN BUKU PENGAYAAN GURU UNTUK DEMONSTRASI BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA TAHUN AJARAN 2016/2017 AV - public M1 - skripsi ID - UNY49994 UR - http://eprints.uny.ac.id/49994/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan implementasi buku pengayaan guru 2) profil keterampilan proses sains siswa dalam implementasi buku pengayaan guru. Buku pengayaan guru berisi panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan metode demonstrasi berbasis POE. Penelitian ini merupakan penelitian one-shot case study. Sejumlah 31 orang siswa diambil secara purposive sebagai sampel. Siswa diajar menggunakan kegiatan laboratorium berdasarkan Lembar Kerja Siswa yang diambil dari buku pengayaan guru. Teknik observasi, dokumentasi dan kuesioner diterapkan untuk mengumpulkan data penelitian. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pengayaan guru dapat diimplementasikan dengan baik dan kegiatan pembelajaran berdasarkan buku tersebut dapat dilaksanakan di dalam kelas. Hasil analisis dari observasi kegiatan pembelajaran menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa dapat dikembangkan dalam implementasi buku pengayaan guru. Pada praktikum pertama, semua keterampilan proses sains siswa yang diamati masuk dalam kategori ?Sangat Bagus?, kecuali keterampilan memprediksi masuk dalam kategori ?Cukup?. Pada praktikum kedua, semua keterampilan proses sains siswa yang diamati masuk dalam kategori ?Sangat Bagus?, kecuali keterampilan memprediksi masuk dalam kategori ?Baik?. Y1 - 2017/05/08/ A1 - Handayani, Fitri PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY ER -