%0 Report %9 Project Report %A Arif Rizal, Arif Rizal %D 2016 %F UNY:49931 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Kata Kunci : PPL, Praktik Mengajar, SD Negeri Karanganyar. %T LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SDN KARANGANYAR %U http://eprints.uny.ac.id/49931/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SD Negeri Karanganyar berlangsung mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Dengan kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pelaksanaan kegiatan PPL berjalan baik sesuai dengan rencana. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari tiga jenis, yaitu praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian praktik mengajar. Praktik mengajar terbimbing dilakukan dua belas kali, praktik mengajar mandiri dilakukan tiga belas kali. Masing-masing jenis praktik mengajar dilakukan di kelas rendah dan kelas tinggi. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri Karanganyar maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari ke dalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.