eprintid: 49888 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/98/88 datestamp: 2017-06-15 07:41:28 lastmod: 2019-10-01 11:38:19 status_changed: 2017-06-15 07:41:28 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Novan adiyatma, Novan adiyatma title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci: PPL, SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis dalam menerapkan secara nyata ilmu pendidikan yang diperoleh selama kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, guna melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan. keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri mahasiswa sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarya 2016 di SMK Tamansiswa Jetis diawali dari penerjunan oleh Dosen pembimbing lapangan, kuliah Pembelajaran Mikro, observasi lingkungan pembelajaran, hingga praktik belajar mengajar yang sebenarnya di SMK Tamansiswa Jetis yaitu dari tanggal 15 Juli s.d 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penerapan inovasi pembelajaran, mempelajari dan melaksanakan administrasi guru, serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Selama menjalani kegiatan PPL di kelas X Listrik dan kelas XI Listrik SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta banyak ilmu dan pengalaman langsung yang tidak praktikan dapatkan dibangku perkuliahan. Mengkondusifkan kelas X-XI Listrik SMK merupakan hal yang tidak mudah dilakukan mengingat kondisi siswanya sendiri yang begitu kurang teratur dan kurang disiplin. Selain dari pihak siswa, praktikan juga harus mampu mengkondisikan kendala di dalam persediaan alat praktikum yang kurang memadai agar kegiatan KBM tetap mampu berjalan dengan semestinya. Jadwal mengajar praktikan yaitu hari Rabu dan hari Kamis. Pada hari Rabu praktikan mengajar 4 jam pelajaran pada praktik Gambar Teknik. Sementara pada hari Kamis praktikan mengajar 4 jam pelajaran pada praktik Instalasi Motor Listrik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan dimasa yang akan datang. Hendaknya keberhasilan ini menjadikan kerjasama Universitas Negeri Yogyakarta dengan SMK Tamansiswa Jetis semakin baik dan kedepannya akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Novan adiyatma, Novan adiyatma (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/49888/1/Laporan%20PPL%20NOVAN%20ADIYATMA_13518244013.pdf