TY - RPRT M1 - project_report AV - none A1 - Rifka Choirunnisa Fatimah, Rifka Choirunnisa Fatimah UR - http://eprints.uny.ac.id/49799/ N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan terstruktur yang ditujukan untuk mahasiswa. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk membantu mempersiapkan calon pendidik yang memiliki kompetensi untuk menjadi tenaga pendidikan yang profesional. Melalui PPL, mahasiswa dilatih agar dapat meningkatkan kapasitas diri dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan yang nyata. Kegiatan PPL dilaksanakan di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Berlangsung selama 2 bulan, mulai dari tanggal 16 Juli 2016 sampai dengan 16 September 2016. SLB E Prayuwana merupakan sekolah khusus untuk anak tunalaras. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa PLB dengan kekhususan tunalaras dapat melakukan praktik pengalaman lapangan di SLB E Prayuwana. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan dengan beberapa kegiatan, yang meliputi: 1) observasi, 2) wawancara, 3) re-asesmen, 4) penyusunan perangkat pembelajaran, 5) pembuatan media pembelajaran, 6) praktik mengajar terbimbing, 7) praktik mengajar mandiri , 8) bimbingan dengan guru kelas, 9) evaluasi dan 10) penyusunan laporan akhir. Kegiatan yang dijelaskan diatas merupakan kegiatan sistematis yang dirancang untuk mengetahui karakteristik, kebutuahan, dan penanganan yang diberikan kepada siswa. Siswa yang menjadi subyek dari pelaksanaan PPL ialah siswa yang sebelumnya telah mendapatkan asesmen sebagai siswa yang memiliki kesulitan belajar maupun perilaku. Y1 - 2016/// ID - UNY49799 PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta TI - LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Di SLB E PRAYUWANA ER -