%J Laporan PPL %L UNY49792 %D 2016 %K Kata kunci : PPL, SDN Negeri Golo %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016 LOKASI: SD NEGERI GOLO %X Perguruan Tinggi memiliki tridharma yang harus dilaksanakan. Tridharma tersebut mengandung arti 3 fungsi pokok yaitu pengajaran&pendidikan, penelitian , dan pengabdian. Untuk membantu mewujudkan tridharma tersebut program yang dirancang salah satunya adalah mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan. Mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah mata kuliah praktik yang diselenggarakan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa secara langsung. Program Praktik Pengalaman Lapangan(PPL II) yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan pada semester khusus, ganji, maupun genap sesuai dengan pilihan yang telah diambil mahasiswa. Selain itu lokasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) juga harus menyesuaikan prodi .yang telah diambil semasa kuliah. Salah satu prodi yaitu Pandidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menempuh program PPL di sekolah. Hal ini dikarenakan lulusan PGSD akan menjadi guru yang ditempatkan di sekolah. Tujuan dari program PPL II adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak empat kali yang dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 13 Agustus 2016 dan praktik mengajar mandiri sebanyak dua kali yang dilaksanakan tanggal 22 Agustus 2014 sampai dengan 03 September 2016, serta dilaksanakan ujian praktik mengajar dua kali mengajar yang dilaksanakan tanggal 08 September 2016 dan 09 September 2016. Praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL II meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL II meliputi tahap observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Pada pelaksaanaan PPL II di , dapat diungkapkan bahwa mahasiswa dapat menerapakan teori dan mengimplementasi ilmu kependidikan yang telah didapatkan saat perkuliahan, dengan harapan menjadi bekal yang bermanfaat agar dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional. Adapun beberapa hambatan yang ditemui dalam melaksanakan PPL, antara lain kurangnya komunikasi dengan guru pendamping lapangan, alokasi waktu kurang, penguasaan kelas, kurangnya refleksi dari guru kelas yang menilai proses pembelajaran yang dilakukan mahasiswa PPL dan materi yang terus berkembang, namun di sisi lain hal tersebut juga untuk kebaikan mahasiswa agar bisa lebih baik lagi dan menjadi motivasi agar lebih mengembangkan kemampuan yang dimiliki mahasiswa. %A EVA AMALIA EVA AMALIA %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta