@phdthesis{UNY49787, author = {Siti Robiah}, month = {March}, year = {2017}, title = {Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMK Nurul Iman Sorogenen, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta}, school = {UNY}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peranan kepala sekolah SMK Nurul Iman dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator; (2) Mendeskripsikan kinerja guru SMK Nurul Iman; dan (3) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan kepala sekolah SMK Nurul Iman dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang berfokus pada usaha untuk mengungkap pengalaman individu, yaitu pengalaman kepala sekolah dalam memimpin SMK Nurul Iman. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah SMK Nurul Iman, guru-guru SMK Nurul Iman, dan peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Untuk meningkatkan akurasi data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif model Miles \& Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kepala SMK Nurul Iman dalam menjalankan tugas kepemimpinan yang meliputi fungsi edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator belum dilaksanakan secara efektif dan tidak ada saling kontrol antara atasan dan bawahan. (2) Kinerja guru sebagai pendidik di SMK Nurul Iman masih rendah. Tugas pendidik mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evealuasi kegiatan pembelajaran belum dilaksanakan dengan baik. (3) Kendala kepala sekolah SMK Nurul Iman dalam meningkatkan kinerja guru meliputi: Belum adanya kesadaran guru akan tugas dan kewajibannya; Kesadaran disiplin guru masih rendah; Lingkungan dan sarana prasarana pendidikan yang masih minim dan kurang mendukung.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/49787/}, keywords = {manajemen dan organisasi sekolah} }