%0 Report %9 Project Report %A Wilis Putri Hapsari, Wilis Putri Hapsari %D 2016 %F UNY:49761 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Kata kunci: PPL, Praktik Mengajar, SD Negeri Gedongkiwo %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI GEDONGKIWO %U http://eprints.uny.ac.id/49761/ %X Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 Sepetmber 2016 atau selama dua bulan. Penyusun melaksanakan PPL di dua tempat yang berbeda, yaitu di SD Negeri Gedongkiwo, Yogyakarta, Indonesia dan SK Tanjong Malim, Perak Malaysia. Penyusun melaksanakan PPL di SD Negeri Gedongkiwo mulai tanggan 15 Juli – 31 Juli 2016 dilanjutkan 1 September – 15 September 2016. PP bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan, mengenal permasalahan sekolah, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah. SD Negeri Gedongkiwo merupakan salah satu sekolah yang menjadi lokasi PPL UNY pada tahun 2016. Program PPL meliputi program mengajar dan non mengajar. Program mengajar yaitu praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian praktik mengajar. Praktik mengajar terbimbing dilaksanakan pada Kamis, 28 Juli 2016. Praktik mengajar mandiri dilaksanakan pada Jumat, 22 Juli 2016. Ujian praktik mengajar dilaksanakan pada Rabu, 7 September 2016 dan Kamis, 8 September 2016. Program non mengajar diantaranya adalah menyambut kedatangan siswa, upacara bendera dan apel pagi, kerja bakti, pelatihan mengajar USAID Prioritas, pendampingan teman mengajar, senam, administrasi guru, administrasi sekolah, pendampingan pertemuan wali siswa, desain dan cetak poster, pendampingan program PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah), menggantikan guru mengajar, menjaga perpustakaan, pendampingan acara penyembelihan hewan qurban, dan penyusunan laporan PPL. Pelaksanakan kegiatan PPL berkesimpulan bahwa kegiatan tersebut dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi kependidikan, mengenal permasalahan sekolah, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari, serta dapat meningkatkan hubungan baik antara UNY dengan sekolah terkait.