TY - JOUR ID - UNY4975 TI - EVALUASI SATUAN PELAJARAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SMU NEGERI SE KABUPATEN SLEMAN AV - public VL - 10 UR - http://eprints.uny.ac.id/4975/ N2 - Penelitian tentang evaluasi pembuatan rencana pembelajaran dalam bentuk Satuan Pelajaran ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran yang nyata dari guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran, trienentuntukan organisasi dan materi pembelajaran, eara menggunakan media- dan sumber belajar yang tepat, cara menyusun rencana pembelajaran, cara menyusun pengelolaan kelas sesuai dengan kegiatan yang diajarkan, prosedur penilaian dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani. Metode dalam Penelitian ini menggunakan metode evaluatif .Populasinya adalah guru-guru Pendidikan Jasmani SMU se Kabupaten Sleman. Sebanyak 17 orang guru dari 24 guru yang ada . Pengambilan sampel dengan cara purporsif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah APKG I dalam APRP (Alat Penilaian Rencana Pembelajaran) dan analisis data ini meggunakan Chi Kuadrat Hasil analisis dengan APRP menunjukan bahwa dari 17 guru diperoleh skor total 671, rata~rata dari skor total 39,471 dan nilai total 1118,557 dan rata-rata nilai total 65,797. Hasil persentase butir katagori baik :29,40 %, eukup :55,70%,kurang:14,52% dan tidak muneul: 8,66%. Hasil analisis komponen menunjukkan bahwa komponen A (Rumusan tujuan) dan komponen F (Rancangan evaluasi) tidak signifikan ,yang artinya bahwa dalam merumuskan tujuan maupun dalam rancangan evaluasi tidak menggambarkan suatu proses dalam rancangan strategi pembelajaran,sehingga hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Komponen B (Penentuan dan organisasi materi), Komponen C (Rancangan strategi pembelajaran). Komponen D (Rancangan pengelola-an kelas) menunjukkan bahwa hasilnya signifikan,yang artinya bahwa dalam komponen B, C dan D sesuai dengan rambu-rambu yang ada dan menggambarkan rencana pembelajaran yang baik, sehingga hasil yang dicapai ada kesesuaian dengan hasil yang diharapkan. JF - OLAHRAGA A1 - Tri, Subekti ER -