TY - RPRT N2 - Berdasarkan hasil observasi pembelajaran kimia di kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Piyungan, diketahui bahwa siswa kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa, diperoleh informasi bahwa siswa merasa materi kimia itu sulit dan membosankan. Hal inilah yang menjadi fokus mahasiswa praktikan PPL untuk menyusun strategi dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan kriteria siswa X dan XI serta kurikulum yang digunakan. Strategi pembelajaran kimia yang digunakan dalam proses pembelajaran tertuang di dalam langkah-langkah dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP ). Adapun program mengajar yang telah mahasiswa laksanakan sebanyak 68 kali pertemuan untuk 7 kelas, yaitu kelas XE, XF, XG, XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4 serta empat kali tatap muka untuk evaluasi pembelajaran, berupa ulangan harian. Metode pembelajaran yang efektif digunakan untuk siswa kelas X dan kelas XI yaitu tanya jawab dan latihan soal. Secara keseluruhan, program kerja PPL terlaksana dengan baik. Kegiatan non mengajar yang dilaksanakan seperti piket KBM, pendampingan MOS, pendampingan lomba memperingati hari kemerdekaan, pendampingan, upacara setiap senin pagi, dan apel pagi. Setelah masa PPL berakhir, mahasiswa diharapkan akan terus berusaha untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, menemukan cara belajar yang efektif, dan menerapkan proses pengajaran baik disekolah maupun diluar sekolah. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMA Negeri 1 Piyungan agar pelaksanaan PPL di masa mendatang akan lebih baik dan bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan. Y1 - 2016/// A1 - NABIL ?ABQORIY, NABIL ?ABQORIY PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta KW - Kata Kunci : PPL KW - SMA Negeri 1 Piyungan KW - Kimia KW - Mahasiswa AV - public TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA N 1 PIYUNGAN M1 - project_report ID - UNY49727 UR - http://eprints.uny.ac.id/49727/ ER -