TY - THES AV - restricted TI - PENGEMBANGAN KIT IPA POKOK BAHASAN CAHAYA UNTUK SISWA KELAS 5 SDN REJOWINANGUN 1 YOGYAKARTA M1 - skripsi ID - UNY49691 UR - http://eprints.uny.ac.id/49691/ Y1 - 2017/06/12/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media KIT IPA pokok bahasan cahaya untuk pembelajaran di kelas 5 dan keefektifan penggunaan media KIT IPA pokok bahasan cahaya berdasarkan hasil uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangandengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Dissemination) (Thiagarajan dkk., 1974) yang kemudian dimodifikasi menjadi model 3-D (Define, Design, dan Develop). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rejowinangun 1 Yogyakarta dengan subjek penelitian siswa kelas 5. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui instrumen angket dan soal pretest-posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan media KIT IPA Cahaya dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA Kelas 5 SDN Rejowinangun 1 Yogyakarta. Kelayakan media dapat dilihat dari: 1) hasil akhir validasi ahli materi yang termasuk dalam kategori ?Sangat Baik? dengan skor rata-rata 3,82, 2) hasil akhir validasi ahli media yang termasuk kategori ?Sangat Baik? dengan skor rata-rata 3,54, 3) respon guru yang menunjukkan kategori ?Sangat Baik? dengan skor rata-rata 3,68, dan 4) respon siswa dalam tiga kali uji coba yang seluruhnya menunjukkan hasil ?Sangat Baik? dengan rata-rata 3,91, 3,43, dan 3,09. Keefektifan produk dapat dilihat dari hasil perhitungan nilai gain.Nilai gain dari uji coba one to one sebesar 0,56,dariuji coba kelompok kecil sebesar 0,47, dan dari uji coba lapangan diperoleh nilai sebesar 0,44. Berdasarkan tiga kali uji coba tersebut dapat diketahui bahwa nilai gain yang diperoleh seluruhnya berada pada kategori sedang. Kata kunci: pengembangan KIT IPA, cahaya, siswa kelas 5. PB - PGSD A1 - Fatonah, Erfina Nurul ER -