?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F49669%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(+PPL+)&rft.creator=LULUK+DWI+RUKMANA+ULFA%2C+LULUK+DWI+RUKMANA+ULFA&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktek+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+mata+kuliah+yang+wajib+diambil+oleh+mahasiswa+program+studi+pendidikan+dari+semua+jurusan+sebagai+penerapan+pendidikan+akademik+yang+diwujudkan+dalam+kegiatan+langsung+mahasiswa+di+lembaga+pendidikan.+Hal+ini+bertujuan+untuk+memberikan+pengalaman+yang+dapat+meningkatkan+kedewasaan+dan+profesionalitas+mahasiswa+untuk+memperbaharui+dan+mewujudkan+tatanan+kehidupan+bermasyarakat+(dalam+hal+ini+dunia+pendidikan)+yang+lebih+baik%2C+Salah+satunya+adalah+dengan+pelaksanaan+serangkaian+program+PPL+UNY.%0D%0APraktek+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+telah+dilaksanakan+di+MAN+Yogyakarta+II+dari+tanggal+18+Juli+2016+%E2%80%93+15+September+2016.+Selama+praktik+mengajar%2C+praktikan+diberi+tanggungjawab+untuk+mengampu+1+kelas+yaitu+kelas+X+IPS+2.+Sebelum+kegiatan+PPL+berlangsung+mahasiswa+melaksanakan+kegiatan+praPPL+yaitu+pembekalan+yang+dilakukan+oleh+jurusan+masing-masing%2C+pembelajaran+micro+teaching+guna+mempersiapkan+praktik+mengajar%2C+dan+melakukan+observasi+sehingga+dapat+memperoleh+gambaran+tentang+kegiatan+pembelajaran+di+MAN+Yogyakarta+II.+Setelah+melalui+kegiatan+observasi%2C+mahasiswa+dapat+merumuskan+berbagai+program+kerja+yang+akan+dilaksanakan.+Program+PPL+yang+direncanakan+oleh+mahasiswa+antara+lain%3B+(1)+Pembuatan+Perangkat+Pembelajaran+(Minggu+Efektif%2C+Prosem%2C+Prota%2C+Silabus%2C+RPP)%3B+(2)+Pembuatan+Media+Pembelajaran+(3)+Praktik+mengajar%3B+dan+(4)+Evalusi+Pembelajaran.%0D%0ASerangkaian+program+kerja+PPL+MAN+Yogyakarta+II+telah+terlaksana+dengan+baik%2C+walaupun+terdapat+beberapa+hambatan+dalam+pelaksanaannya%2C+seperti+kurangnya+pengetahuan+dalam+pembuatan+Perangkat+Pembelajaran+yang+dapat+diatasi+dengan+berkonsultasi+dengan+Guru+Pembimbing.+Selain+itu+program+mengajar+di+kelas+memiliki+tantangan+juga+dengan+penyesuaian+karakter+peserta+didik+yang+berbeda-beda%2C+bagaimana+cara+menghidupkan+suasana+kelas+agar+peserta+didik+termotivasi+untuk+belajar.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2016&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F49669%2F1%2FLAPORAN%2520PPL%2520LULUK%2520JADI%2520FIXXXX.pdf&rft.identifier=++LULUK+DWI+RUKMANA+ULFA%2C+LULUK+DWI+RUKMANA+ULFA++(2016)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(+PPL+).++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++