%0 Report
%9 Project Report
%A Ajeng Widya Indriana, Ajeng Widya Indriana
%D 2016
%F UNY:49666
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%K Kata Kunci : PPL, MAN Yogyakarta II, kimia
%T LAPORAN INDIVIDU  KEGIATAN  PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN  (PPL)
%U http://eprints.uny.ac.id/49666/
%X Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan di  MAN Yogyakarta II yang berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan 130, Yogyakarta.  Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik  yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Praktik Pengalaman Lapangan  bertujuan agar mahaisswa dapat mengembangkan dan melatih kemampuan  kompetensi sebagai calon pendidik ataupun tenaga kependidikan, diantaranya  adalah kemampuan mengelola kelas, mengembangkan media pembelajaran,  menangani peserta didik, dan juga kemampuan melakukan evaluasi. Melalui PPL  diharapkan mahasiswa dapat mempelajarai dan memiliki 4 kompetensi yang harus  dimiliki sebagai seorang guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi  kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Setelah menjalankan  kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa dapat mempunyai bekal dan pengalaman  sebagai seorang pendidik yang berkualitas.  Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai dari tanggal 15 juli  2016 – 15 September 2016 dalam periode semester khusus 2015/2016. Praktik  Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai dari tahap observasi, penyusunan program,  pelaksanaan kegiatan non belajar mengajar dan pelaksanaan kegiatan belajar  mengajar. Kegiatan observasi meliputi observasi sekolah dan observasi kegiatan  pembelajaran di kelas. Mahasiswa juga berusaha mencari informasi dari guru  mata pelajaran kimia mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung,  dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika KBM berlangsung. Dalam  kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat tugas untuk mengajar di kelas XI MIPA 1  dan XI MIPA 2. Materi yang disampaikan meliputi Alkena, Alkuna, Sumber dan  Kegunaan Hidrokarbon, Minyak Bumi, Faktor-faktor yang mempengaruhi Laju  Reaksi, Persamaan dan Orde Reaksi. Adapun program kerja yang dilakukan untuk  mendukung kegiatan PPL antara lain : 1) Pembuatan Jam Efektif; 2) Pembuatan  Program Tahunan; 3) Pembuatan Program Semester; 4) Pembuatan Silabus; 5)  Pembuatan RPP mengajar; 6) Pembuatan RPP Satu Semester; 7) Pembuatan  Media Pembelajaran; 8) Pembuatan soal-soal evaluasi dan ulangan harian; 9)  Pembuatan analisis butir soal.  Selama menjalankan PPL, mahasiswa mendapatkan banyak pelajaran dan  pengalaman yang berharga dan berguna khususnya, dalam hal ini adalah  mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pembuatan RPP, pengembangan  media pembelajaran, pendampingan praktikum dan pendampingan bimbingan  belajar.