eprintid: 49644 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/96/44 datestamp: 2017-06-09 02:41:01 lastmod: 2019-10-01 11:33:47 status_changed: 2017-06-09 02:41:01 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Arif Dwihantoro, Arif Dwihantoro title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Pendidikan Matematika, SMP Negeri 6 Yogyakarta abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan untuk semua jurusandi UNY. Kegiatan PPL dilaksanakan secara terbimbing yang penyelenggaraannya di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) menjadi salah satu langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga pendidik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Kegiatan PPL dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli – 15 September 2016 yang berlokasi di SMP Negeri 6 Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi observasi kondisi sekolah dan pembelajaran matematika di kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP, pembuatan media, pembuatan soal evaluasi. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar, evaluasi dan analisis penilaian, administrasi dan pengelolaan perpustakaan, serta kegiatan persekolahan lainya. Selama praktik mengajar mahasiswa PPL diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas VIII dengan jumlah 4 kelas yaitu VIII A- VIII D dari 7 kelas yang ada. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa PPL melaksanakan 32 kali praktik mengajar. Materi yang disampaikan mengenai pemfaktoran bentuk aljabar. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMP Negeri 6 Yogyakarta dapat dirasakan mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan matematika yang diperoleh di bangku perkuliahan, mahasiswa dapat berlatih mengembangkan materi dan media sebagai sumber belajar siswa di kelas. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Arif Dwihantoro, Arif Dwihantoro (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/49644/1/laporan%20PPL%20Pend.Mat_SMPN6YK_Arif%20Dwihantoro_13301244012.pdf