eprintid: 49642 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/96/42 datestamp: 2017-06-09 02:34:11 lastmod: 2019-10-01 11:35:38 status_changed: 2017-06-09 02:34:11 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Ferida Dwi Prasetyoningrum, Ferida Dwi Prasetyoningrum title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMP Negeri 6 Yogyakarta abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan untuk semua jurusan. PPL bertujuan melatih mahasiswa untuk menetapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai bidang studinya masingmasing, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga akademis kependidikan. Pelaksanaan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang meliputi pembuatan RPP, pembuatan soal evaluasi, analisis penilaian, administrasi, dan konsultasi pembimbing. Kegiatan PPL berlokasi di SMP Negeri 6 Yogyakarta yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa UNY mulai tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Secara keseluruhan fasilitas yang dimiliki SMP Negeri 6 Yogyakarta sudah cukup lengkap. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu lima kelas yaitu kelas VIII G, IX C, IX D, IX F, dan IX G. Praktikan melaksanakan 73 kali mengajar selama kegiatan PPL, baik mengajar terbimbing maupun mengajar mandiri. Pelaksanaan PPL ini tidak lepas dari hambatan-hambatan. Namun, praktikan berusaha sebaik mungkin untuk dapat meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi selama pelaksanaan PPL, sehingga seluruh rangkaian pelaksanaan PPL dapat berjalan lancar dan sesuai dengan program. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan kedisiplinan akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Ferida Dwi Prasetyoningrum, Ferida Dwi Prasetyoningrum (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/49642/1/LAPORAN%20PPL%20FERIDA%20DWI%20P_13301241052.pdf