TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan LKPD IPA berbasis SETS sebagai bahan belajar, (2) peningkatan sikap peduli lingkungan peserta didik setelah menggunakan LKPD IPA sebagai bahan belajar, dan (3) respon peserta didik terhadap LKPD IPA berbasis SETS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan 4-D dari Thiagarajan dan Semmel. Adapun tahapan pengembangan 4-D adalah define, design, develop, and disseminate. Subjek dari penelitian ini yaitu 2 dosen ahli, 1 guru IPA SMP, 20 peserta didik kelas VII-A SMP Hamong Putera Ngaglik. Instrumen yang digunakan antara lain lembar validasi kelayakan LKPD IPA oleh validator, angket sikap peduli lingkungan peserta didik, lembar observasi sikap peduli lingkungan peserta didik, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dekskriptif kelayakan LKPD IPA berdasarkan saran dan penilaian validator, peningkatan persentase angket sikap peduli lingkungan sebelum dan sesudah menggunakan LKPD IPA, peningkatan persentase sikap peduli lingkungan tiap pertemuan, respon peserta didik terhadap LKPD IPA berdasarkan penilaian angket respon, serta persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan berbasis SETS. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) LKPD IPA berbasis SETS yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA dengan kategori ?sangat baik? berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru IPA, (2) LKPD IPA berbasis SETS dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan pada peserta didik sebesar 14,06% dari kategori ?baik? menjadi ?sangat baik? melalui lembar observasi dan peningkatan sebesar 10,85% berdasarkan angket sebelum dan sesudah menggunakan produk dengan kategori ?baik? menjadi ?sangat baik?, dan (3) LKPD IPA berbasis SETS memperoleh respon ?sangat setuju? berdasarkan penilaian peserta didik. Kata Kunci: LKPD IPA, SETS, sikap peduli lingkungan This study aimed to (1) find out the feasibility of Science LKPD with SETS approach as learning materials, (2) improvement caring environment of learner?s attitude after using Science LKPD as learning materials, (3) learner?s response toward Science LKPD with SETS approach. This study is research development (R & D) which adapt 4-D development model of Thiagarajan and Semmel. The stage of 4-D are define, design, develop, and disseminate. Subject of this study are two expert lectures, a science teacher, and 20 learners of VII-A grade Junior High School PuteraNganglik. Instrument in this study are validation of eligibility Science LKPD, question form of caring environment students ?attitude, observational sheet of caring environment students ?attitude and question form for learner?s response using Science LKPD. Analysis data in this study used descriptive eligibility of Science LKPD technique based on suggestion and assessment from validator, increasing percentage of question form of caring environment students ?attitude before and after using this LKPD, increasing percentage of caring environment learner?s attitude in each meeting, learner?s response toward Science LKPD based on question form assessment, and percentage of learning SETS in the classroom. Result of this study are (1) Science LKPD with SETS approach which develop is feasible for using in science class with ?very good? category based on expert lecture and science teacher?s assessment, (2) Science LKPD with SETS approach can improve caring environment students ?attitude with percentage 14.06% in ?good? category become ?very good? category through observational sheets there is an increase of 11.56% based on a questionnaire before and after using the product with the category of "good" to "very good, (3) Science LKPD with SETS approach get ?strongly agree? from learner ?assessment. Y1 - 2017/06/09/ A1 - Aryani, Fella PB - FMIPA UNY TI - PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIROMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK AV - public KW - Science LKPD KW - SETS KW - caring environment?s attitude ID - UNY49641 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/49641/ ER -