TY - THES KW - pendidikan kewarganegaraan Y1 - 2017/05/26/ ID - UNY49638 A1 - Nurhayati, Nurhayati TI - Pengaruh Pembelajaran PPKn Berbasis Project Citizen Terhadap Partisipasi Belajar Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Yogyakarta PB - UNY AV - public M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PPKn berbasis project citizen terhadap partisipasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta, 2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PPKn berbasis project citizen terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta, 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PPKn berbasis project citizen terhadap partisipasi belajar dan prestasi belajar secara bersama-sama kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah dengan teknik analisis uji independent t-test (Uji-t) dan uji analisis Manova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran project citizen terhadap partisipasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai p lebih kecil dari 0,05 (p< 0,05) atau t hitung> t tabel dengan skor mean pada kelas eksperimen sebesar 3,12 dan pada kelas kontrol sebesar 2,75. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran project citizen terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai p lebih kecil dari 0,05 (p< 0,05) atau t hitung> t tabel dengan skor mean pada kelas eksperimen sebesar 2,81 dan pada kelas kontrol sebesar 2,49. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran project citizen terhadap partisipasi belajar dan prestasi belajar peserta didik secara bersama-sama kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada Hotelling?s Trance lebih kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05). UR - http://eprints.uny.ac.id/49638/ ER -