%0 Thesis %9 S2 %A Masing, Feliksitas Angel %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:49616 %I UNY %K biologi %T Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Pesisir Berbasis Android Mobile dengan Model Socio-Scientific Issues Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Giovanni Kupang %U http://eprints.uny.ac.id/49616/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) modul pembelajaran biologi yang layak dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan (2) keefektifan modul pembelajaran biologi berbasis Android dengan model socio-scientific issues based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian design and development research yang dikembangkan oleh Richey dan Klein pada tahap validasi melalui 4 tahapan yakni tahap pengembangan, validasi internal, validasi eksternal dan penggunaan model. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Giovanni Kupang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2017. Pada uji terbatas melibatkan 15 peserta didik kelas XI, sementara pada uji luas melibatkan peserta didik kelas XMIPA4 untuk kelas eksperimen dan peserta didik kelas XMIPA1 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan produk dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data pretest dan posttest menggunakan uji t (t test) pada taraf signifikansi 0,05 dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pembelajaran biologi yang layak dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah modul pembelajaran biologi berbasis android mobile dengan model socio-scientific issues based learning pada materi ekosistem pesisir. Modul ini dikembangkan sesuai tahapan DDR yang dikembangkan oleh Richey & Klein meliputi model development, model validation (internal and external validation), dan model use, dan (2) penerapan modul biologi berbasis android mobile dengan model socio-scientific issues based learning efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis ditunjukkan dengan gain score 0,76 termasuk dalam kategori “tinggi” dan hasil uji t diketahui sig. 0,004 < 0,05.