TY - JOUR ID - UNY4961 TI - ME KETE PENDID BERMAKNAKANPEMBINAAN MPILAN BERBICARAMAHASISWA N BAHASA INDONESIASEBAGAI CALON GURU AV - public A1 - Prihadi, - N2 - Tuju pengajaran keterampilan berbicara bagi mahasiswa Jurusan P ndidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah agar mahasiswa tersebut mampu menguatarakan pikiran dan perasaan serta peng, lamannya secara /isan dengan menggunakan bahasa Indonesia y ng baik dan benar. Mem elajari keterampilan berbicara pada hakikatnya adalah us ha untuk dapat menggunakan bahasa dalam kepenting yang sesungguhnya. Agar tercapai tujuan tersebut perlu disel ggarakan pengajaran yang didesain secara baik dan tepat. Dala pernyataan lain pengajaran yang diselenggarakan harus sesu i dengan prinsip dasar pengajaran keterampilan berbicara. rinsip dasar yang dimaksud adalah (1) Tujuan pembinaan terampilan berbicara mahasiswa menekankan pada wicarafor I, (2) Pembinaan keterampilan berbicara berorientasi pada perub han keterampilan individu, (3) Pembinaan didasarkan pada pema aman terhadap' berbagai aspek yang ada dalam keteramjJila berbicara, (4) Pembinaan dilakukan berdasarkan pada pema aman terhadap peran persiapan latihan dan peran latihan, d (5) Pengorganisasian bahan didasarkan pada hierarkhi ke u/itan, macam kegaiatan, dan waktu yang tersedia. Imple entasi konsep dasar terhadap beberapa komponen pengajaran terampilan berbicara seperti:.. materi ajar, metode dan telmik latihan, penyediaan alat pendukung, dan evaluasi dilakukan erdasarkan pertimbangan-pertimbangan logis dan praktis. Didas kannYa pengajaran keterampilan berbicara pada konsep di a as dan diimplementasikannya konsep terse but pada beberapa mponen terpilih, kita berharap pengajaran keterampila berbicara bagi calon guru bcihasa Indonesia ini akan lebih berma a. UR - http://eprints.uny.ac.id/4961/ JF - - ER -