TY - THES AV - public M1 - tesis Y1 - 2017/05/26/ N2 - Penelitian ini bertujuan mengevaluasi: (1) context, (2) input, (3) process dan (4) product program pelatihan keterampilan mengolah limbah kertas semen yang diselenggarakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya. Penelitian evaluasi ini menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam (1986) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian dalam evaluasi ini yaitu 21 orang peserta pelatihan keterampilan, lima orang fasilitator pelatihan, dan satu orang penyelenggara program. Instrumen pengumpul data penelitian yang digunakan ialah kuisioner dengan menggunakan skala Likert, Acuan penilaian kriteria yang dipakai adalah penilaian acuan patokan (PAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aspek context program pelatihan keterampilan mengolah limbah kertas semen berada dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 3,00 dari total skor yang telah ditetapkan; (2) aspek input program pelatihan keterampilan mengolah limbah kertas semen berada dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 2,59 dari total skor yang telah ditetapkan; (3) aspek process program pelatihan keterampilan mengolah limbah kertas semen berada dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 2,53 dari total skor yang telah ditetapkan; dan (4) aspek product program pelatihan keterampilan mengolah limbah kertas semen berada dalam kategori tidak baik dengan rerata skor sebesar 2,06 dari total skor yang telah ditetapkan. KW - pendidikan luar sekolah PB - UNY A1 - Irwan, Mahfuzi TI - Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Mengolah Limbah Kertas Semen Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Kota Binjai, Propinsi Sumatera Utara ID - UNY49606 UR - http://eprints.uny.ac.id/49606/ ER -