@techreport{UNY49551, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)}, author = {Dwi Marlina Dwi Marlina}, type = {Project Report}, year = {2016}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/49551/}, keywords = {Kata Kunci: PPL, Teknik Audio Video, SMK Negeri 3 Yogyakarta}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah praktik dengan bobot 3 SKS yang bertujuan untuk memberikan pengalaman secara utuh dan nyata bagi mahasiswa dalam melatih dan mengembangkan kompetensi mengajar sebagai bekal menjadi calon tenaga pendidik yang professional. Pelaksanaan PPL dilaksanakan selama dua bulan tepatnya pada saat semester khusus dengan waktu pelaksanaan antara tanggal 15 Juli - 15 September 2016 di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang beralamatkan di Jl R. W. Monginsidi 2A Yogyakarta. Pelaksanaan PPL terdapat dua jenis kegiatan, yaitu kegiatan mengajar dan non mengajar. Pada kegiatan mengajar pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan PPL, analisis hasil dan refleksi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan dan microteaching. Pelaksanaan PPL diisi dengan observasi kelas, konsultasi guru pembimbing, pembuatan RPP, penyiapan bahan ajar, praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas X AV 2 dengan mata pelajaran Teknik Elektrobika (TE). Sedangkan untuk kegiatan non mengajar, kegiatan yang dilakukan adalah menjadi panitia PLS BSB (Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru), piket sekolah, dan membantu melengkapi dan merapikan bengkel audio video. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini mahasiswa PPL dapat menerapkan langsung ilmu yang sudah diperoleh dibangku perkuliahan sehingga menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai calon pendidik. Selain itu praktikan mendapatkan pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan belajar dan mengajar dalam dunia pendidikan. Dengan terselesaikan kegiatan PPL diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.} }