@techreport{UNY49549, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, author = {Mohammad Rifky Fajar Utomo Mohammad Rifky Fajar Utomo}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN}, type = {Project Report}, year = {2016}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {Kata kunci :Mahasiswa, PPL, Praktik mengajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/49549/}, abstract = {Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususunya dunia pendidikan/sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan sangat bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional dan bagus dalam bergaul dengan masyarakat sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan di SMKN 3 Yogyakarta meliputi kegiatan praktik mengajar dikelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik mengajar dikelas mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli - 15 September 2016. Praktikan mengajar mata pelajaran Instalasi Motor Lstrik kelas XI Teknik Listrik. Penepatan mahasiswa PPL di SMKN 3 Yogyakarta diharapkan mampu memahami peranan tenaga pendidik dan mampu menjalankan kewajiban sebagai tenaga pendidik secara tenggung jawab. Sebelum diterjunkan sebagai tenaga pendidik sementara, para praktikan harus melewati beberapa tahap agar pelaksanaan kegiatn PPL dapat berjalan dengan lancar. Tahap-tahap yang dimaksud yaitu: 1) Pengajaran Mikro, 2) Observasi Sekolah dan Kelas, dan 3) Pembekalan PPL. Selama melaksanakan pembelajaran tidak ditemui kendala yang berat, semuanya masih bisa dikendalikan. Selain itu mahasiswa juga selalu dipantau dan dibimbing dalam membuat perangkat/administrasi untuk mengajar serta selalu mengadakan evaluasi setelah selesai melakukan pembelajaran.} }