eprintid: 49543 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/95/43 datestamp: 2017-06-08 01:26:03 lastmod: 2019-10-01 11:39:12 status_changed: 2017-06-08 01:26:03 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: RIZKY NURKHARISMADIKHA, RIZKY NURKHARISMADIKHA title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci : PPL, RPP,Konstruksi Bangunan, SMK Negeri 3 Yogyakarta abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta dalam menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dalam bidang kependidikan yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikian. PPL adalah kegiatan yang mengajarkan kepada mahasiswa untuk menjadi seorang guru atau dalam arti kata lain adalah magang.Kegiatan PPL juga menjadikan seorang mahasiswa agar menjadi tahu bagaiamana keadaan di lapangan. Salah satu tujuan UNY adalah untuk mencetak pengajar yang mumpuni dan mampu dalam mengajar dengan baik. Maka untuk itu dibutuhkan pengalaman-pengalaman terlebih dahulu untuk mengajarkan mahasiswa. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan kerjasama dengan sekolah-sekolah kejuruan di Yogyakarta dan sekitarnya. Dalam kesempatan kali ini SMK Negeri 3 Yogyakarta menjadi salah satu sekolah yang akan menjadi tempat PPL bagi mahasiswa UNY. Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatan hubungan yang sudah terjalin baik antara pihak sekolah dengan UNY. Praktik Pengalaman Lapangan ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan tangga 15 September 2016. Sebelum mahasiswa terjun, terdapat serangkaian kegiatan pra-PPL yang dihadapi yaitu mikroteachig, pembekalan PPL dan serah terima di sekolah yang akan dituju. Dalam kesempatan PPL kali ini, terdapat mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Konstruksi Bangunan adalah pelajaran mengenai dasar-dasar dalam ilmu bahan bangunan dan konstruksi gedung. Konstruksi bangunan dilaksanakan setiap hari senin,selasa dan rabu. Dengan alokasi pertemuan 1 pertemuan 7 jam pelajaran (315 menit). Hari senin kelas yang diajar adalah kelas X GB 1, selasa kelas X GB2 dan rabu kelas X GB 3. Sebelum mengajar mahasiswa perlu membuat RPP terlebih dahulu. Hal ini dilakuka supaya terdapat panduan dalam proses belajar mengajar. Setelah itu mengajar dikelas, materi pertama yang disampaikan adalah materi tentang kayu dilanjutkan dengan materi tentang beton,genteng,lantai. Dalam mengajar terdapat kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa namun kesulitan-kesulitan itu dapat diatasi dengan kerjasama yang baik antara guru pembimbing, mahasiswa dan siswa yang diajar. Mahasiswa mengajar minimal 8 kali pertemuan dan sudah dilaksanakan dengan baik. Pengalaman-pengalaman selama mengajar tentu menjadikan mahasiswa lebih percaya diri dalam mengajar di sekolah suatu saat nanti. Hal ini menjadikan sebagai acuan saat mengajar nanti. Dengan pengalaman yang dimiliki ini tentu menjadikan suatu kesempatan dalam belajar secara langusng ke lapangan. Dengan begitu diharapkan bahwa, kualitas pendidik menjadi lebih baik lagi dari tahun ketahun. Program PPL ini terlaksana dengan baik karena adanya kerjasama yang bagus antara sekolah dengan pihak universitas, DPL, GPL dan siswa-siswi SMK N 3 Yogyakarta date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: RIZKY NURKHARISMADIKHA, RIZKY NURKHARISMADIKHA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/49543/1/FT_PTSP_13505244018_RIZKY%20NUR%20K.pdf