eprintid: 49529 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/95/29 datestamp: 2017-06-07 23:59:59 lastmod: 2019-10-01 11:42:33 status_changed: 2017-06-07 23:59:59 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: WIJIL RACHMADHANI, WIJIL RACHMADHANI title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: none monograph_type: project_report abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa kependidikan. Tujuan pelaksanaan PPL adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Kegiatan PPL bersifat aplikatif, yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus untuk dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. PPL juga merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang dimiliki sesuai bidang masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan meningkatkan skill mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 18 Juli - 15 September 2016 di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Mahasiswa PPL bertugas untuk mempersiapkan keperluan atau perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang diampu guru pembimbing. Guru pembimbing memberikan kesempatan terhadap mahasiswa dalam mengelola kelas serta memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa. Kegiatan PPL meliputi kegiatan yang diprogramkan oleh UNY, kelompok maupun individu yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi, pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar. Hasil dari kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Yogyakarta antara lain praktik mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 17 kali tatap muka di kelas VII B. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Yogyakarta dapat dilaksanakan dengan lancar berkat adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara warga sekolah, kepala sekolah dan mahasiswa. Hal ini tidak terlepas juga dari peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa PPL serta peran siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Dengan demikian, kegiatan PPL ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah maupun kepada mahasiswa sendiri untuk mengembangkan kemampuannya dan mengaplikasikan pengetahuan pengalaman praktik mengajar di kelas agar dapat berguna di masa depan. date: 2016 date_type: published publication: Laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: WIJIL RACHMADHANI, WIJIL RACHMADHANI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.