eprintid: 49492 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/04/94/92 datestamp: 2017-06-08 02:46:38 lastmod: 2019-01-30 14:15:42 status_changed: 2017-06-08 02:46:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: prasetyodyta@yahoo.com creators_name: Prasetyo Wahyu Tri Purnomo Putro, Dyta creators_id: prasetyodyta@yahoo.com title: PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 WONOSARI ispublished: pub subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran, Teks Cerita Pendek abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran teks cerita pendek di SMA Negeri 1 Wonosari. Dalam penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran teks cerita pendek ditinjau dari 6 komponen utama, yaitu (1) pelaksanaan pembelajaran, (2) tujuan pembelajaran, (3) metode, (4) materi, (5) media serta (6) evaluasi pembelajaran (7) kendala dalam pembelajaran teks cerita pendek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran teks cerita pendek kelas XI SMA Negeri Wonosari. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan berpartisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis model interaktif, dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat ditarik tujuh kesimpulan. Pertama, pelaksanaan pembelajaran teks cerita pendek berjalan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kedua, selama pembelajaran teks cerita pendek, tujuan pembelajaran secara keseluruhan sudah dicapai dengan baik. Ketiga, metode pembelajaran yang dipakai ialah ceramah dan diskusi yang dipadukan dengan pendekatan saintifik, strategi tersebut cukup efektif digunakan, karena siswa lebih mudah untuk memahami dan memperhatikan penjelasan guru. Keempat, seluruh materi mengenai teks cerita pendek disampaikan pada pertemuan pertama secara runtut sesuai dengan RPP. sementara pada pertemuan selanjutnya materi pembelajaran tidak sesuai dengan RPP. Materi disampaikan guru dengan baik kepada siswa dengan menggunakan metode ceramah. Kelima, Ada dua media pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran teks cerita pendek di kelas yaitu papan tulis dan LCD proyektor. Dari kedua media tersebut media yang paling sering digunakan guru ialah papan tulis. Keenam, Evaluasi dilakukan dalam bentuk ulangan harian dan tugas. Tugas diberikan guru kepada siswa dalam proses pembelajaran. Selama pengamatan tugas yang diberikan guru selalu dikerjakan dalam proses pembelajaran dan langsung dibahas pada waktu itu juga dan tidak mempunyai nilai. Ketujuh kendala yang timbul dalam pembelajaran teks cerita cerita pendek antaralain, kurang lengkapnya sarana dan prasarana seperti LCD dalam kelas, terlambatnya pendistribusian buku dan suara bising dari pembangunan gedung sekolah yang sedang berlangsung. Kata Kunci: Pembelajaran, Teks Cerita Pendek date: 2017-01-11 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi referencetext: Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta. Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. ___________. 2014. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Kosasih, E. 2003. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan Indonesia. Bandung: Yrama Widya. Moleong, L J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.Yogyakarta: BPFE. ___________. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 59 Tahun 2014. Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Siswoyo, Dwi, dkk. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Silvina H, Munaris dan Nazaruddim K. 2015. Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri Gadingrejo. Jurnal KATA, Vol.3, No.6. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Suryaman, Maman. 2012. Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press. Sumardjo, Jakob. 2007. Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Fiksi. Yogyakarta: GAMA MEDIA. Teguh, Agustina ES dan Nazarudin K. 2013. Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tumijajar. Jurnal KATA, Vol.2, No.2. Wiratno, Tri. 2009. Mencerna Buku Teks Bahasa Inggris melalui Pemahaman Gramatika. Surakarta: Pustaka Pelajar. Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta : Pustaka. citation: Prasetyo Wahyu Tri Purnomo Putro, Dyta (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/49492/1/SKRIPSI.pdf