%L UNY49474 %A Mariana Ramelan %A Nila Mareta Murdiyani %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika dengan pendekatan guided discovery pada materi trigonometri untuk siswa SMA kelas X yang memiliki kualitas valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu model ASSURE dengan melalui 6 tahap yaitu (1) Analyze Learners; (2) State Objectives; (3) Select Methods, Media and Materials; (4) Utilize Media and Materials; (5) Require Learner Participation; (6) Evaluate and Revise. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian LKS untuk ahli materi dan media, angket respon siswa dan guru dan tes hasil belajar siswa. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah 33 siswa di SMA N 1 Pengasih. Hasil penelitian ini yaitu LKS matematika dengan pendekatan guided discovery pada materi trigonometri untuk siswa SMA kelas X yang memiliki kualitas valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan skor rata-rata 4, 2 dengan kriteria “baik” sehingga LKS dinayatakn valid. Berdasarkan hasil angket respon siswa mendapatkan skor rata-rata 4, 28 dengan kriteria “sangat baik” dan hasil angket respon guru mendapatkan skor rata-rata 4, 2 dengan kriteria “baik”, sehingga LKS dinyatakan praktis. Berdasarkan dari hasil tes belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 90, 91% dengan kriteria “sangat baik” sehingga LKS dinyatakan efektif. Kata Kunci: lembar kerja siswa, guided discovery, ASSURE, trigonometri %I UNY %D 2017 %T PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK SISWA SMA KELAS X