%L UNY49421 %A Eka Yunianta %X Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang peran Lembaga Pendidikan Kursus Hanna rumpun kesehatan instruktur senam aerobik dalam mengembangkan personal (kepribadian), sosial dan nilai ekonomi peserta didiknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelolaan yang meliputi kurikulum dan pembelajarannya, pengelola kursus, pendidik dan peserta didiknya. Pengumpulan data dilakukan dengan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut; (1) Pelaksanaan program kursus instrukur senam aerobik dapat berjalan sesuai rencana. (2) LPK Hanna rumpun kesehatan instruktur senam aerobik berperan secara langsung dalam mengembangkan personal (kepribadian) peserta didiknya. (3) LPK Hanna rumpun kesehatan instruktur senam aerobik berperan secara tidak langsung dalam mengembangkan sosial peserta didiknya. (4) LPK Hanna rumpun kesehatan instruktur senam aerobik berperan secara tidak langsung dalam mengembangkan nilai ekonomi peserta didiknya. %K pendidikan luar sekolah %T Peran Lembaga Pendidikan Kursus Hanna Rumpun Kesehatan Instruktur Senam Aerobik Dalam Mengembangkan Personal, Sosial dan Nilai Ekonomi Peserta Didik %D 2009 %I UNY