<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://purl.org/dc/terms/title> "Efektivitas Metode Inkuiri untuk Peningkatan Prestasi dan\r\nMotivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui mengenai efektivitas penggunaan metode inkuiri terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. (2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode inkuiri\r\nterhadap peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS.\r\nPenelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Desain eksperimen yang digunakan berbentuk pretest-posttes control group design. Responden penelitian ini adalah seluruh siswa kelas lima A Madrasah Ibtidaiyyah Roudlotush\r\nSholihin, Jemur kecamatan Pejagoan kabupaten Kebumen yang berjumlah 44 siswa. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dan kuesioner motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik parametrik yaitu uji-t.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (thitung\r\nsebesar 3.645 dengan p = 0.001), perolehan p < 0.05 menunjukkan rerata keduanya berbeda signifikan; (2) ada perbedaan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (t-hitung sebesar 7.563 dengan p = 0.000), perolehan p < 0.05 menunjukkan rerata keduanya berbeda signifikan."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://purl.org/dc/terms/date> "2009-07-31" . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/407845> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-df22a66dd8a6b563cf88eb74cb4fa8f3> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-df22a66dd8a6b563cf88eb74cb4fa8f3> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "UNY"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-df22a66dd8a6b563cf88eb74cb4fa8f3> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-808174ac9dd47acd7e014b82cdc99e93> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-808174ac9dd47acd7e014b82cdc99e93> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Program Pascasarjana, UNY"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-808174ac9dd47acd7e014b82cdc99e93> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-df22a66dd8a6b563cf88eb74cb4fa8f3> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-808174ac9dd47acd7e014b82cdc99e93> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-df22a66dd8a6b563cf88eb74cb4fa8f3> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-808174ac9dd47acd7e014b82cdc99e93> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-0508136e0576c86cc9df7e282e4be9c1> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406#authors> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-0508136e0576c86cc9df7e282e4be9c1> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-0508136e0576c86cc9df7e282e4be9c1> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-0508136e0576c86cc9df7e282e4be9c1> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Umar"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-0508136e0576c86cc9df7e282e4be9c1> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Hashona"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-0508136e0576c86cc9df7e282e4be9c1> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Umar Hashona"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/407845> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/407845> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/407845> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "Efektivitas Metode Inkuiri untuk Peningkatan Prestasi dan\r\nMotivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/407845> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/49406/1/tesis-umar-hashona-07712259012.swf> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/407845> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/49406/1/tesis-umar-hashona-07712259012.swf> . <http://eprints.uny.ac.id/49406/1/tesis-umar-hashona-07712259012.swf> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "tesis-umar-hashona-07712259012.swf"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/49406/> . <http://eprints.uny.ac.id/49406/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #49406 \n\nEfektivitas Metode Inkuiri untuk Peningkatan Prestasi dan \nMotivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS\n\n" . <http://eprints.uny.ac.id/49406/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" . <http://eprints.uny.ac.id/49406/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/D1> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/D1> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Dasar"@en . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49406> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/D1> .