relation: http://eprints.uny.ac.id/49406/
title: Efektivitas Metode Inkuiri untuk Peningkatan Prestasi dan  Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS
creator: Hashona, Umar
subject: Pendidikan Dasar
description: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui mengenai efektivitas penggunaan metode inkuiri terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. (2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode inkuiri  terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS.  Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Desain eksperimen yang digunakan berbentuk pretest-posttes control group design. Responden penelitian ini adalah seluruh siswa kelas lima A Madrasah Ibtidaiyyah Roudlotush  Sholihin, Jemur kecamatan Pejagoan kabupaten Kebumen yang berjumlah 44 siswa. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dan kuesioner motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik parametrik yaitu uji-t.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (thitung  sebesar 3.645 dengan p = 0.001), perolehan p < 0.05 menunjukkan rerata keduanya berbeda signifikan; (2) ada perbedaan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (t-hitung sebesar 7.563 dengan p = 0.000), perolehan p < 0.05 menunjukkan rerata keduanya berbeda signifikan.
date: 2009-07-31
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/49406/1/tesis-umar-hashona-07712259012.swf
identifier:   Hashona, Umar  (2009) Efektivitas Metode Inkuiri untuk Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS.  S2 thesis, UNY.