@techreport{UNY49392, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2016}, type = {Project Report}, title = {LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA}, author = {Erika Rizqi Rachmani Erika Rizqi Rachmani}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {lAPORAN PPL}, url = {http://eprints.uny.ac.id/49392/}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada 15 Juli-15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 26 mahasiswa dari 11 program studi, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Bimbingan Konseling. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 21 Juli sampai dengan 7 September 2015, dilakukan sebanyak 32 kali pertemuan di kelas X IPA 1, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan X IPS dengan tiap pertemuan berdurasi dua jam pelajaran. kompetensi dasar yang diajarkan adalah menganalisis konsep dasar sejarah dan perkembnagan kehidupan manusia Indonesia. Sedangkan materi yang diajarkan meliputi konsep dasarc sejarah, pembagian zaman, kehidupan manusia purba hingga perkembangan manusia purba. Semua materi tersebut disampaikan dengan metode pembelajaran yang berbeda-beda. Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terdapat tanggapan yang baik dari para siswa mengenai metode pembelajaran yang telah dilakukakan praktikan. Terlaksananya program PPL ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.} }