@phdthesis{UNY49378, month = {April}, author = {Cahyawati Mindasari}, title = {PENGARUH PENERAPAN CHEMISTRY EDUTAINMENT GAMES TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017}, school = {Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY}, year = {2017}, url = {http://eprints.uny.ac.id/49378/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan chemistry edutainment games pada pembelajaran kimia yang ditinjau dari 1) perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran kimia chemistry edutainment games; 2) perbedaan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran chemistry edutaiment games dengan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran kimia konvensional; 3) perbedaan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran chemistry edutaiment games dengan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran kimia konvensional kelas X di SMAN 2 Bantul Tahun Ajaran 2016/2017 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik X MIA SMA N 2 Bantul tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel dua kelas yang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji hipotesis menggunakan analisis data uji-t sama subjek, uji-t beda subjek, dan uji anakova (analisis kovarian) Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia chemistry edutainment games 2) secara statistik tidak ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar yang diberi pembelajaran chemistry edutaiment games dengan yang diberi pembelajaran konvensional tetapi berdasarkan rerata gain skor motivasi terdapat perbedaan 3) ada perbedaan prestasi belajar pada pembelajaran kimia chemistry edutaiment games dengan prestasi belajar pada pembelajaran kimia konvensional} }