%0 Thesis %9 S1 %A Pramesari, Avionita %B Pendidikan Kimia %D 2017 %F UNY:49336 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY %T PENERAPAN BAHAN AJAR KIMIA MINYAK BUMI TERINTEGRASI KONTEKS KEJURUAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN LITERASI SAINS SISWA SMK KELAS XI PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017 %U http://eprints.uny.ac.id/49336/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) ada tidaknya perbedaan minat belajar siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan menerapkan bahan ajar kimia minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif; 2) ada tidaknya perbedaan tingkat literasi sains siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan menerapkan bahan ajar kimia minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif; dan 3) tanggapan siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarya terhadap bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif yang dikembangkan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMK Negeri 2 Yogyakarta. Sampel yang diambil adalah dua kelas secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, tes, dan observasi. Instrumen dianalisis menggunakan uji analisis n-gain, uji prasyarat, dependent t-test, independent t-test, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan minat belajar siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan menerapkan bahan ajar kimia minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif; 2) ada perbedaan tingkat literasi sains siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan menerapkan bahan ajar kimia minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif; dan 3) tanggapan siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta terhadap bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif yang dikembangkan termasuk kategori baik.