%0 Thesis %9 S3 %A Mustari, Mustari %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:49316 %I UNY %K model pengajaran %T Pengembangan Model Pembelajaran Pemrograman Web Berbasis Proyek %U http://eprints.uny.ac.id/49316/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran pemrograman web berbasis proyek (PBL-Web) yang memenuhi kriteria valid untuk digunakan pada Program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer; (2) menghasilkan model pembelajaran pemrograman web berbasis proyek (PBL-Web) yang memenuhi kriteria efektif pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNM; (3) menghasilkan model Pembelajaran pemrograman web berbasis proyek (PBL-Web) yang memenuhi kriteria praktis digunakan di program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNM. Untuk mencapai tujuan tersebut jenis penelitian dilaksanakan adalah penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall dengan menerapkan 10 langkah yaitu: (1) studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba perorangan, (5) revisi produk untuk uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok kecil, (7) revisi produk untuk uji coba kelompok kecil, (8) uji coba kelompok kecil, (9) revisi produk final, (10) desiminasi dan implementasi. Produk penelitian ini dikembangkan dan didiskusikan melalui Focus Group Discussion (FGD) dan divalidasi oleh pakar dan dosen Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer melalui angket. Hasil pengembangan produk diuji coba para pengguna melalui uji lapangan di Prodi PTIK Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran pemrograman web berbasis proyek (PBL-Web) yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari sisi pedoman PBL-Web dengan rerata penilaian validator adalah 4,8 (skor maksimal 5,0) pada nilai koofisien kaffa 0,878; RPP dan LKM dengan rerata penilaian validator adalah 4,5 (skor maksimal 5,0) pada nilai koofisien kaffa 0,760; bahan ajar cetak dengan rerata penilaian validator adalah 4,5 (skor maksimal 5,0) pada nilai koofisien kaffa 0,796; bahan ajar online pada aspek materi dengan rerata penilaian validator adalah 4,5 (skor maksimal 5,0) pada nilai koofisien kaffa 0,802; pedoman evaluasi PBL-Web dengan rerata penilaian validator adalah 4,5 (skor maksimal 5,0) pada nilai koofisien kaffa 0,896; (2) model pembelajaran pemrograman web berbasis proyek (PBL-Web) yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif karena terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai akhir kelas PBL-Web dengan kelas non PBL-Web yaitu pada angka 70,25; (3) model pembelajaran pemrograman web berbasis proyek (PBL-Web) yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis karena hasil rerata uji coba perorangan diperoleh persentase 76,78%, uji coba kelompok kecil 82,14% dan uji coba diperluas 87,50% yang berarti hampir semua kriteria dapat dilaksanakan. Dengan demikian model pembelajaran pemrograman web berbasis proyek (PBL-Web) adalah model yang valid, efektif dan praktis.