%0 Thesis %9 S1 %A Nur Hidayah, Pungki %A Suyoso, Suyoso %B FISIKA %D 2017 %F UNY:49308 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH PENGGUNAAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS)TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XISEMESTER II SMA NEGERI 1 MLATI %U http://eprints.uny.ac.id/49308/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap keaktifan peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mlati, dan 2) mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mlati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengandesain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XIIPAdi SMA Negeri 1 Mlati yang terdiri dai dua kelas. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan undian dan diperoleh peserta didik kelas XIIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol.Instrumen dalam penelitian ini diantaranya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi keaktifan dan soal pre-test dan post-test yang sudah dinyatakan valid dan reliabel.Analisis untuk mengetahui perbedaan keaktifan menggunakan teori Arikunto yakni dengan menggunakan presentase sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan Uji Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa 1) penggunaan metode pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) berpengaruh positif terhadap keaktifan peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mlati, dan 2) penggunaan metode pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mlati. Kata kunci : Children Learning in Science (CLIS), keaktifan, hasil belajar