%A Nugroho Anastyo %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan guru pendidikan jasmani di SD se-Kecamatan Berbah terhadap evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi guru pendidikan jasmani terhadap evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di SD se-Kecamatan Berbah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani di SD se-Kecamatan Berbah yang berjumlah 19 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi guru pendidikan jasmani terhadap evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di SD se-Kecamatan Berbah yaitu pada kategori sangat tinggi sebesar 10,5% (2 guru), pada katagori tinggi sebesar 5,2 % (2 guru), pada katagori sedang sebesar 52,7 % (10 guru), pada katagori rendah sebesar 31,6 % (6 guru), dan pada katagori sangat rendah sebesar 0 % (0 guru). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar persepsi guru pendidikan jasmani terhadap evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di SD se-Kecamatan Berbah yaitu sedang dengan jumlah 52,7%. %K Persepsi guru pendidikan jasmani, evaluasi pembelajaran %L UNY49280 %D 2017 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %T PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD SE-KECAMATAN BERBAH