TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/49267/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan, pelaksanaan layanan program pendidikan keterampilan di Rumah Pintar Pijoengan, 2) bentuk evaluasi dan hasil dari terselenggaranya layanan program pendidikan keterampilan di Rumah Pintar Pijoengan. 3) kendala yang di hadapi Rumah Pintar Pijoengan dalam perencanaan dan pelaksanaan layanan program pendidikan keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Rumah Pintar Pijoengan kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul D.I Yogyakarta. Subyek penelitian ini terdiri dari ketua Rumah Pintar Pijoengan, tutor pada layanan program pendidikan keterampilan menjahit, 2 orang peserta didik yang mengikuti layanan program pendidikan keterampilan menjahit. Pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, hingga penarikan simpulan dan verifikasi. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) jenis layanan program pendidikan keterampilan yang diselenggarakan Rumah Pintar Pijoengan dapat terlaksana karena adanya antusias dan sambutan yang baik dari warga masyarakat di dusun Daraman desa Srimartani. 2) diketahui bahwa proses perencanaan layanan program pendidikan keterampilan di Rumah Pintar Pijoengan dilakukan berdasarkan identifikasi kebutuhan, penyiapan rencana dan jadwal kegiatan bimbingan/pelatihan yang dituangkan dalam acuan pelaksanaan kegiatan, hingga sosialisasi dan koordinasi pelaksanaan kegiatan. Sedangkan untuk proses pelaksanaan layanan program pendidikan keterampilan dilakukan berdasarkan penyiapan sarana dan prasarana kegiatan layanan program pendidikan keterampilan, pendataan peserta didik, penentuan jadwal pelaksanaan kegiatan, pelaksanaan layanan program pendidikan keterampilan, hingga ujicoba atau tes pemahaman atau keterampilan peserta didik. 3) ada beberapa kendala yang dihadapi Rumah Pintar Pijoengan dalam perencanaan dan pelaksanaan layanan program pendidikan keterampilan, diantaranya kendala pendanaan, pembagian waktu pelaksanaan, kesadaran warga masyarakat, sarana dan prasarana penunjang, jumlah tutor. 4) bentuk evaluasi menggunakan instrumen yang berisikan aspek keterlibatan tutor selama pelaksanaan kegiatan, penilaian atas pencapaian pengetahuan dan pemahaman peserta didik selama mengikuti layanan program pendidikan keterampilan. Kata Kunci: Perencanaan Program dan Pendidikan Keterampilan A1 - Anisa Tri Afiatni, Annisa TI - LAYANAN PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN MENJAHIT DI RUMAH PINTAR PIJOENGAN PEDUKUHAN DARAMAN DESA SRIMARTANI KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PB - Fakultas Ilmu Pendidikan AV - restricted Y1 - 2017/05/23/ ID - UNY49267 ER -