TY - THES A1 - Febrianova, Lucky PB - Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2016/12/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti dan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang menarik, yaitu prestasi belajar seni musik siswa yang mengikuti ekstrakurikuler paduan suara lebih baik dibandingkan yang tidak mengikuti. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang pengumpulan datanya dengan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta yang berjumlah 315 siswa yang mengikuti mata pelajaran Seni Musik pada jam pelajaran Seni Budaya tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh dan random sampling. Teknik sampling jenuh untuk mengambil sampel dari 30 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Paduan Suara. Teknik random sampling untuk mengambil sampel dari 285 siswa yang tidak mengikuti ektrakurikuler Paduan Suara diambil 3 siswa secara acak dari setiap kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif dengan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti dan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler Paduan Suara. Hal ini dibuktikan dengan hasil dari uji t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows menghasilkan nilai t hitung sebesar 10,621 dengan signifikansi (0,003) < 0,05. Hal tersebut berarti hipotesis yang berbunyi ?Terdapat perbedaan rata-rata nilai siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Paduan Suara dan yang tidak mengikuti signifikan? tidak ditolak. UR - http://eprints.uny.ac.id/49180/ AV - restricted TI - STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR SENI MUSIK ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA ID - UNY49180 M1 - skripsi ER -