eprintid: 49108 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 1199 dir: disk0/00/04/91/08 datestamp: 2017-05-12 03:26:27 lastmod: 2019-01-30 14:08:36 status_changed: 2017-05-12 03:26:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kurniati Sari, Nove corp_creators: Eni Puji Astuti, M.Sn. title: PEMBELAJARAN MEWARNAI ANAK DOWN SYNDROME KELAS V SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: art_rupa divisions: fbs_pend_seni_rupa full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran mewarnai untuk anak Down Syndrome di kelas V SLB Negeri 1 Yogyakarta ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan pembelajaran di kelas, serta evaluasi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pembelajaran mewarnai siswa down syndrome kelas V SLB Negeri 1 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah kegiatan mewarnai yang dilakukan siswa down syndrome. Waktu penelitian tanggal 15 Maret 2016 hingga 28 Agustus 2016, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persiapan mewarnai yang dilakukan guru adalah menyiapkan media kertas berisi gambar berupa buah, sayur, bunga, dan hewan yang siap diwarnai anak down syndrome (2) pelaksanaan pembelajaran mewarnai dilakukan guru dengan mengarahkan anak mengenal bentuk serta memilih warna yang disesuaikan dengan warna objek di kehidupan nyata. date: 2017-05-11 date_type: published institution: Pendidikan Seni Rupa FBS department: Universitas Negeri Yogyakarta thesis_type: skripsi citation: Kurniati Sari, Nove (2017) PEMBELAJARAN MEWARNAI ANAK DOWN SYNDROME KELAS V SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS. document_url: http://eprints.uny.ac.id/49108/1/TAS%20Nove%20Kurniati%20Sari.PDF