%D 2017 %I UNY %T Pengembangan Buku Teks Pelajaran Membaca Berbasis Pendekatan Proses Kelas IV Sekolah Dasar Negeri UPTD Kecamatan Kutasari %L UNY49097 %X Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan buku teks pelajaran membaca berbasis pendekatan proses, yang diharapkan layak dan dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall. Subjek uji coba adalah empat Sekolah Dasar Negeri UPTD Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga yang meliputi peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Cendana, SD Negeri 1 Karangjengkol, SD Negeri 1 Sumingkir, dan SD Negeri 2 Munjul. Pengumpulan data menggunakan wawancara, analisis dokumen, rating scale, tes, dan angket. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa buku teks pelajaran membaca berbasis pendekatan proses untuk Tema 9 “Makananku Sehat dan Bergizi” yang disusun dalam lima tahap kegiatan pembelajaran membaca yaitu: (1) persiapan, (2) membaca, (3) menanggapi, (4) memahami, dan (5) meluaskan pemahaman. Buku teks pelajaran tersebut dinyatakan layak menurut ahli materi dan ahli media dengan kategori “baik”, serta menurut ahli rancangan buku dengan kategori “sangat baik”. Terdapat perbedaan hasil akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menggunakan buku teks pelajaran membaca berbasis pendekatan proses dengan signifikansi < 0,05 yang menunjukkan peningkatan kemampuan membaca yang signifikan yaitu diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,024. %A Dedy Irawan %K membaca, media pengajaran