%0 Thesis %9 S1 %A Indrawati, Harsiti %A Mahmudi, Ali %B Jurusan Pendidikan Matematika %D 2017 %F UNY:49074 %I UNY %T PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 TEMPEL %U http://eprints.uny.ac.id/49074/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan strategi metakognitif terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tempel, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif dengan metode quasieksperiment (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempel tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas diambil secara acak dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII D dan kelas VII E. Kelas VII D diberi perlakuan dengan strategi metakognitif dan kelas VII E diberi perlakuan dengan pembelajaran saintifik. Instrumen penelitian ini berupa soal tes kemampuan literasi matematis siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji statistik yang digunakan adalah one sample ttest dan independent sample t-test Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi metakognitif berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tempel. Kata kunci: strategi, metakognitif, literasi matematis, matematika