%0 Thesis %9 S2 %A Laila, Noor Alfu %B Program Pascasarjana %D 2009 %F UNY:49051 %I UNY %K prestasi belajar %T Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Godean %U http://eprints.uny.ac.id/49051/ %X Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL dengan kelompok siswa berdasarkan motivasinya, menemukan ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar membaca pemahaman bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan variabel terikat hasil belajar membaca pemahaman bahasa Indonesia dan variabel bebasnya adalah pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Desain eksperimen faktorial 2x2 dengan dua taraf kualifikasi variabel bebas yaitu pembelajaran CTL dan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas IV SDN Sidoarum dan SDN Krapyak dengan sampel peserta didik sebanyak 61 siswa. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dan kuesioner motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalur yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelompok eksperimen yang diajar melalui pendekatan CTL dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (Fhitung = 21,293 > Ftabel = 4,012,  = 0,05); (2) terdapat perbedaan hasil belajar membaca pemahaman siswa bermotivasi tinggi yang diajar melalui pendekatan CTL dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional, (Fhitung = 30,824 > Ftabel = 4,012,  = 0,05), (3) terdapat perbedaan hasil belajar membaca pemahaman siswa bermotivasi rendah yang diajar melalui pendekatan CTL dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional, (Fhitung = 30,824 > Ftabel = 4,012,  = 0,05), (4) pendekatan CTL terbukti lebih efektif terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa dibandingkan dengan pendekatan konvensional, (5) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar membaca pemahaman, (Fhitung = 2,213 < Ftabel = 4,012,  = 0,05).