@phdthesis{UNY49050, title = {Pengaruh Penggunaan Media Konkrit dan Gambar serta Motivasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kota Palu}, author = {Naima Naima}, school = {UNY}, year = {2009}, keywords = {media pembelajaran}, url = {http://eprints.uny.ac.id/49050/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media konkrit dan gambar serta motivasi terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kota Palu. Dan untuk mengetahui perbedaan persepsi siswa antara penggunaan media konkrit dan gambar. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto, dengan melibatkan empat variabel bebas dan satu variabel terikat. Media konkrit (X1), media gambar (X2), media konkrit dan gambar (X3) dan motivasi (X4) sebagai variabel bebas. Hasil belajar IPA sebagai variabel terikat (Y). Desain penelitiannya adalah pengaruh X terhadap Y. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V dari 16 MI di Kota Palu. Diambil 4 sampel sekolah dengan jumlah peserta didik 108. Adapun cara pengambilan sampel sekolah menggunakan teknik stratified random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear ganda dan uji t pada taraf signifikansi 5 \% ({\ensuremath{\alpha}} = 0,05). Hasil analisis diperoleh sumbangan efektif terhadap hasil belajar IPA Kelas V MI di Kota Palu dari variabel penggunaan media konkrit dan gambar sebesar 9,88\%, dan motivasi sebesar 10,33\%. Sumbangan efektif secara bersama-sama antara penggunaan media konkrit dan gambar serta motivasi sebesar 20,20\%. Dari hasil analisis regresi linear ganda didapatkan indeks regresinya sebesar b1 = 0,840 (p 0,05), b2 = 0,321 (p 0,05)dan. Dengan demikian kedua variabel bebas tersebut dapat digunakan untuk memprediksi hasil belajar IPA siswa kelas V MI di Kota Palu. Terdapat perbedaan persepsi siswa antara penggunaan media konkrit dan gambar, diperoleh thitung 9,247 pada taraf signifikan 0,05.} }