%A Aju Parman %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pembelajaran perbandingan dan skala dengan menggunakan media roda puzzle untuk belajaar (dazzle ujar) pada siswakelas V SD N Suryodiningratan II. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalahkelas V SD N Suryodiingratan II,yang berjumlah 19 siswa. Tempat penelitian dilaksanakan di kelas V SD N Suryodiningratan II pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, dan lembar tes. Teknik analisis data dalam penelitiann ini adalah menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media roda puzzle pada pembelajaran matematika materi perbandingan dan skala dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat perubahan dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Pada pra tindakan diperoleh nilai rata-rata 60,78% dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 25 dan jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 6 siswa dan yang belum mencapai KKM sebanyak 13 siswa. Sedangkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,31 dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 70. Jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 12 siswadan yang belum mencapai KKM sebanyak 7 siswa. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata yaitu 81,31dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 70. Kata kunci: Perbandingan dan Skala, Media Roda Puzzle %L UNY49043 %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN PERBANDINGAN DAN SKALA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RODA PUZZLE UNTUK BELAJAR (DAZZLE UJAR) PADA SISWA KELAS V SD N SURYODININGRATAN II %D 2017 %I PGSD