relation: http://eprints.uny.ac.id/49036/ title: PENGARUH PENGGUNAAN KARTU POSINEGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV SD NEGERI SINDUADI 1 SLEMAN creator: Sari, Indri Puspita subject: Matematika subject: Media Pendidikan subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu posinega terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD Negeri Sinduadi 1 Sleman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian eksperimen yang termasuk dalam desain eksperimen semu (quasi-experimental design). Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group, sehingga ada dua kelompok yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian dilakukan di SD Negeri Sinduadi 1. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sinduadi 1 yang berjumlah 61 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas IV A dan IV B. Kedua kelas tersebut digunakan sebagai subjek penelitian. Kelas IV A sebagai kelompok kontrol dan kelas IV B sebagai kelompok eksperimen. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu membandingkan mean hasil pretest dan posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol. Selain membandingkan mean, analisis data juga dilakukan dengan Uji Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan kartu posinega terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD Negeri Sinduai 1 Sleman. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai mean posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh 80,74 > 68,82 dan berdasarkan hasil uji gain, diperoleh mean pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 19,63 > 8,97, maka dapat diartikan bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan yang lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Kata Kunci: Kartu Posinega, Penjumlahan, Pengurangan, Bilangan Bulat date: 2017-05-04 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/49036/1/Indri%20Puspita%20Sari.pdf identifier: Sari, Indri Puspita (2017) PENGARUH PENGGUNAAN KARTU POSINEGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV SD NEGERI SINDUADI 1 SLEMAN. S1 thesis, PGSD.