@phdthesis{UNY49023, month = {May}, title = {PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRAWITAN, KABUPATEN SLEMAN}, author = {Nia Widyawati Fitri Puspitarini}, school = {PGSD}, year = {2017}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS menggunakan pembelajaran aktif card sort pada siswa kelas V SD Negeri Krawitan Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Krawitan yang berjumlah 17 siswa. Desain PTK menggunakan Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data berupa tes untuk mengukur prestasi belajar siswa. Instrumen tes divalidasi oleh dosen ahli. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis data prestasi belajar siswa. Terdapat peningkatan prestasi belajar dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Tahap pra tindakan menunjukkan prestasi belajar IPS siswa kelas V tergolong rendah yaitu diperoleh ketuntasan belajar sebesar 5.88 \%. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa sebesar 52,94 \%. Ketuntasan belajar siswa tersebut mengalami peningkatan sebesar 47.06\%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 35,30\% yaitu diperoleh ketuntasan sebesar 88,24\%. Prestasi belajar IPS siswa pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitan yang telah ditetapkan yaitu 75\% dari jumlah siswa kelas V SD Negeri Krawitan dengan KKM sebesar ? 60. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran aktif card sort dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V. Kata kunci: prestasi belajar, card sort, IPS}, url = {http://eprints.uny.ac.id/49023/} }