@phdthesis{UNY48987, title = {PENGARUH MINAT BELAJAR, TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA N 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2016/ 2017}, author = {Riut Iptian}, school = {Fakultas Ekonomi}, year = {2017}, keywords = {Minat Belajar, Tingkat Kedisiplinan Belajar, Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/48987/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA N 1 Sedayu tahun ajaran 2016/2017, 2) mengetahui pengaruh Tingkat Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA N 1 Sedayu tahun ajaran 2016/2017, 3) mengetahui pengaruh Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA N 1 Sedayu tahun ajaran 2016/2017, 4) mengetahui pengaruh Minat Belajar, Tingkat Kedisiplinan Belajar, dan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA N 1 Sedayu tahun ajaran 2016/2017. Responden pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Sedayu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 145 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 113 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian sampel. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Minat Belajar, Tingkat Kedisiplinan Belajar, dan Teman Sebaya yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Akuntansi. Sebelum melakukan analisis data diadakan pengujian prasyarat analisis terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dibuktikan dengan rx1y = 0,489; thitung = 5,911 {\ensuremath{>}} ttabel = 1,981; r2 x1y = 0,239. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Tingkat Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dibuktikan dengan rx2y = 0,374; thitung = 4,244 {\ensuremath{>}} ttabel = 1,981; r2 x2y = 0,140. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dibuktikan dengan rx3y = 0,394; thitung = 4,510 {\ensuremath{>}} ttabel = 1,981; r2 x3y = 0,155. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar, Tingkat Kedisiplinan Belajar, dan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dibuktikan dengan Ry(1,2,3) = 0,509; Fhitung = 12,712 {\ensuremath{>}} Ftabel = 2,455; R2 y(1,2,3) = 0,245. Sumbangan efektif secara bersama-sama yang diberikan sebesar 25,9\% dan masih ada 74,1\% yang diakibatkan variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.} }