%L UNY48981 %K media kit IPA %A Fonny Katili %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media KIT IPA dalam pembelajaran Sains siswa SD efektif dilihat dari aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui pengamatan berpartisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan cara reduksi, display, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Hasil evaluasi terhadap proses penggunaan media KIT IPA menunjukkan bahwa penggunaan media KIT IPA dalam pembelajaran sains tergolong kategori efektif (78,09%). Hasil ini diperoleh dengan membandingkan hasil persentase aktivitas belajar siswa dengan kriteria keefektifan. Peningkatan aktivitas belajar siswa dipengaruhi oleh kelengkapan media KIT IPA dan juga oleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas; (2) Evaluasi hasil penggunaan media KIT dilakukan dengan membandingkan hasil Pre-Test dan Pos-Test Soal tersebut dengan Standar Ketuntasan Minimal mata pelajaran sains yaitu 65%. Setelah dibandingkan hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas hasil belajar siswa sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal. Dengan demikian, penggunaan media KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar sains secara efektif. %T Keefektifan Penggunaan Media KIT IPA dalam Pembelajaran Sains Siswa SD Negeri Jetis 1 %I UNY %D 2009