TY - THES PB - UNY A1 - Gandasari, Adriana Y1 - 2009/04/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar dengan Pendekatan Teori Multiple Intelligences (MI) yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Penelitian dilaksanakan di SD Jetis I Yogyakarta dengan subyek penelitian kelas III A. Penelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan Dick & Carey, meliputi empat tahap yaitu tahap pendefinisian kebutuhan, tahap desain produk, tahap pengembangan dan evaluasi, tahap akhir. Tahap pendefinisian kebutuhan yaitu dilakukannya observasi dan test penjajakan Multiple Intelligences siswa. Tahap desain produk, yaitu mendesain produk dan hasilnya berupa produk awal. Ketiga, tahap pengembangan dan evaluasi, yaitu validasi produk awal oleh pakar pembelajaran dan praktisi teori multiple Intelligences, revisi produk awal dan penerapan produk dalam pembelajaran yakni pada uji coba. Uji coba terhadap produk yang dilakukan pada tahap ketiga ini, terdiri dari one-to-one evaluation, small-group evaluation dan field-trial evaluation. Sebelum uji coba one-to-one evaluation dilakukan pre-test dan setelah uji coba field-trial evaluation dilakukan post-test dan kuesioner minat siswa. Tahap akhir yaitu hasilnya berupa produk akhir yakni Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar dengan pendekatan Teori Multiple Intelligences. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yaitu data observasi, data validasi oleh para pakar dan catatan lapangan berupa review, dan data kuantitatif yaitu data test penjajakan Multiple Intelligences, pre-test, post-test dan kuesioner. Modul pembelajaran ini dapat digunakan sebagai bahan acuan mengajar dan variasi belajar dalam pembelajaran IPA yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Guru dapat menggunakan modul pembelajaran ini dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan dalam penelitian ini, Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar dengan Pendekatan Teori Multiple Intelligences terdiri dari lima komponen penting yaitu mengenal inteligensi siswa yang memuat test penjajakan multiple intelligences, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang memuat rancangan pembelajaran yang akan dilakukan, Lembar Kerja Guru (LKG) yang memuat acuan bagi guru dalam mengajar IPA dengan pendekatan teori multiple intelligences, Lembar Kerja Siswa (LKS) yang memuat kegiatan yang dilakukan oleh siswa selama proses pembelajaran, dan evaluasi. Penggunaan modul ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil analisis pre-test dan post-test diperoleh mean pre-test = 13,67 > mean post-test = 23,73. Modul ini juga dapat memfasilitasi multiple intelligences siswa yakni berdasarkan analisis kuesioner minat siswa terdapat 83,33% siswa sangat berminat terhadap pembelajaran IPA menggunakan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Pendekatan Teori Multiple Intelligences (MI). UR - http://eprints.uny.ac.id/48962/ M1 - tesis ID - UNY48962 AV - public KW - modul pembelajaran TI - Pengembangan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar dengan Pendekatan Teori Multiple Intelligences (MI) ER -